Contoh RUBRIK/BLANGKO OBSERVASI PENILAIAN KINERJA SMA KELAS XII SEMESTER 1

DAFTAR RUBRIK/BLANGKO OBSERVASI PENILAIAN KINERJA
SMA KELAS XII  SEMESTER 1

1.      Rubrik Penilaian merangkum/meringkas isi pidato  

Rubrik Penilaian merangkum/meringkas isi pidato

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :   

ASPEK
KRITERIA
SKOR


   ISI RANGKUMAN
(15-30)
Mencakup seluruh gagasan pokok/penting,  tidak menuliskan kembali ilustrasi, contoh, rincian penjelas.

 25-30
Hanya mencakup  sebagian  gagasan pokok/penting,   menuliskan kembali sebagian ilustrasi, contoh, rincian penjelas.

21 - 24
Tidak menuliskan    gagasan pokok/penting isi pidato,   menuliskan kembali sebagian ilustrasi, contoh, rincian penjelas

 15-20

 SUDUT PANDANG
DAN SISTEMATIKA
(10-20)
Menggunakan sudut pandang   perangkum,  sistematika  karangan asli tidak berubah,   panjang karangan sepertiga   teks pidato

16-20
Menggunakan sudut pandang   perangkum,  sistematika  isi karangan asli     sebagian  berubah,     panjang  rangkuman sepertiga lebih dari teks  asli

13-15
Menggunakan sudut pandang    orang yang berpidato,    sistematika isi karangan asli berubah total,  panjang  rangkuman sepertiga lebih dari teks  asli

10-12
BAHASA
(15-30)
Menggunakan bahasa baku, kalimat efektif dan komunikatif,  diksi variatif, tepat , dan menarik, tidak ada kalimat yang ambigu,   
 25-30
Bahasa kurang baku, ada kalimat yang tidak efektif dan komunikatif,  diksi kurang variatif, tepat , dan menarik,  ada kalimat yang ambigu,  
21 - 24
Bahasa  tidak baku,  banyak kalimat yang tidak efektif dan tidak komunikatif,  tidak berdiksi,  banyak  kalimat yang ambigu,  
 15-20


FORMAT DAN
 MEKANIK
 (10-20)
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,   tidak ada  salah  ketik pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas,  format  pengetikan benar
17-20
Ada beberapa kesalahan ejaan,   ada beberapa salah ketik ,  penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin  pas,  format pengetikan  tidak jelas
13-16
Mengabaikan ejaan,   banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri,  asal ketik tanpa menggunakan format

10 -12
JUMLAH

100


2.      Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran/

Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran


NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             :    



ASPEK


RINCIAN
NILAI

 KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)




ISI TANGGAPAN
Bersifat krtis dan tidak keluar dari topic bahasan   lafal, intonasi, dan ekspresi




Orisinal dan berpikir kreatif (tidak meniru/mengulang tanggapan orang lain)
Didukung  alasan, bukti serta referensi /landasan teori memadai

SISTEMATIKA
TANGGAPAN
Didahului   pengantar /latar belakang/  mengidentifikasi duduk persoalan




Ada   pernyataan utama di awal dan ditunjang  gagasan penjelas / pengembang di tengah  
Ada kesimpulan/penegasan   dan saran di akhir

BAHASA TANGGAPAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif,
Struktur kalimat  tepat dan baku

ETIKA  DAN TEKNIK BEBRICARA
Menghargai pendapat orang lain




Kata-katanya santun dan tidak emosional
 Volume suara, artikulasi dan intonasi berbicara jelas dan  tepat

JUMLAH SKOR







3.      Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku 

Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :   


ASPEK
KRITERIA
 SKOR

 ISI
(15-30)
Lengkap (judul, data publikasi, foto cover, garis besar isi buku, kelebihan dan kekurangan, rekomendasi ) dan dideskripsikan secara jelas.
 25-30
Kurang  lengkap (ada  beberapa bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara  kurang jelas
21 - 24
Tidak  lengkap ( banyak  bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara   tidak  jelas
 15-20

 STRUKTUR
(10-20)
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya benar, tidak ada yang letaknya terbalik
16-20
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya  ada yang tidak tepat,   ada yang letaknya terbalik
13-15
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya   salah total,    banyak bagian  yang letaknya terbalik
10-12
BAHASA
(15-30)
Menggunakan bahasa baku, kalimat efektif dan komunikatif,  diksi variatif, tepat, dan menarik, tidak ada kalimat yang ambigu,   
 25-30
Bahasa kurang baku, ada kalimat yang tidak efektif dan komunikatif,  diksi kurang variatif, tepat , dan menarik,  ada kalimat yang ambigu,  
21 - 24
Bahasa  tidak baku,  banyak kalimat yang tidak efektif dan tidak komunikatif,  tidak berdiksi,  banyak  kalimat yang ambigu,  
 15-20
FORMAT DAN
 MEKANIK
 (10-20)
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,   tidak ada  salah  ketik pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas,  format  pengetikan benar dan kosisten
17-20
Ada beberapa kesalahan ejaan,   ada beberapa salah ketik ,  penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin  pas,  format pengetikan  tidak jelas
13-16
Mengabaikan ejaan,   banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri,  asal ketik tanpa menggunakan format

10 -12
JUMLAH

100



4.      Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa

Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa
NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :   


ASPEK
KRITERIA
 SKOR

  UNSUR-UNSUR SURAT
(15-30)
Lengkap (tanggal penulisan surat, identitas pemberi kuasa, identitas penerima kuasa, jenis dan  batas kuasa yang dilimpahkan, penutup surat )  dan dideskripsikan secara jelas.
 25-30
Kurang  lengkap (ada  beberapa bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara  kurang jelas
21 - 24
Tidak  lengkap ( banyak  bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara   tidak  jelas
 15-20

 STRUKTUR
(10-20)
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya benar, tidak ada yang letaknya terbalik
16-20
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya  ada yang tidak tepat,   ada yang letaknya terbalik
13-15
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya   salah total,    banyak bagian  yang letaknya terbalik
10-12
BAHASA
(15-30)
Menggunakan bahasa baku, kalimat efektif dan komunikatif,  diksi variatif, tepat , dan menarik, tidak ada kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti tepat
 25-30
Bahasa kurang baku, ada kalimat yang tidak efektif dan komunikatif,  diksi kurang variatif, tepat , dan menarik,  ada kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti kurang tepat
21 - 24
Bahasa  tidak baku,  banyak kalimat yang tidak efektif dan tidak komunikatif,  tidak berdiksi,  banyak  kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti  tidak tepat dan tidak konsisten
 15-20


FORMAT DAN
 MEKANIK
 (10-20)
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,   tidak ada  salah  ketik pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas,  format  pengetikan benar
17-20
Ada beberapa kesalahan ejaan,   ada beberapa salah ketik ,  penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin  pas,  format pengetikan  tidak jelas
13-16
Mengabaikan ejaan,   banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri,  asal ketik tanpa menggunakan format

10 -12


JUMLAH

100



5.      Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok serta  mempresentasikan

Blangko  observasi kinerja individu dalam mengikuti diskusi kelompok

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR                         :   



ASPEK


RINCIAN

NILAI

KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



 SIKAP
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai   pendapat  lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikait   (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks
Baku


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan  disertai alas an logis  / bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri
Menggunakan referensi/rujukan /landasan teori


 PRESENTASI

Menyampaikan gagasan dengan lancer dan sistematis




Menanggapi pertanyaan dengan cepat dan tepat
Menggunakan multi media (in focus, OHP)
Menggunakan  argument, contoh, bukti, grafik, ilustrasi untuk memperjelas uraian dan jawaban

JUMLAH SKOR







6.      Rubrik penilaian tugas menulis   surat dagang

Rubrik penilaian tugas menulis   surat dagang

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                       :
TANGGAL PENILAIAN              :
KOMPETENSI DASAR              :   


ASPEK
KRITERIA
 SKOR

  UNSUR-UNSUR SURAT
(15-30)
Lengkap ( kop badan usaha, nomor dan perihal  surat, alamat tujuan, pembuka surat, inti surat, penutup surat, idenitas pengirim)   dan dideskripsikan secara jelas.
 25-30
Kurang  lengkap (ada  beberapa bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara  kurang jelas
21 - 24
Tidak  lengkap ( banyak  bagian yang tidak ditulis) dan dideskripsikan secara   tidak  jelas
 15-20

 STRUKTUR
(10-20)
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya benar, tidak ada yang letaknya terbalik
16-20
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya  ada yang tidak tepat,   ada yang letaknya terbalik
13-15
Struktur atau sistematika urutan dan penempatan  bagian-bagiannya   salah total,    banyak bagian  yang letaknya terbalik
10-12
BAHASA
(15-30)
Menggunakan bahasa baku, kalimat efektif dan komunikatif,  diksi variatif, tepat , dan menarik, tidak ada kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti tepat
 25-30
Bahasa kurang baku, ada kalimat yang tidak efektif dan komunikatif,  diksi kurang variatif, tepat , dan menarik,  ada kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti kurang tepat
21 - 24
Bahasa  tidak baku,  banyak kalimat yang tidak efektif dan tidak komunikatif,  tidak berdiksi,  banyak  kalimat yang ambigu, pemakaian kata ganti  tidak tepat dan tidak konsisten
 15-20


FORMAT DAN
 MEKANIK
 (10-20)
Tidak ada kesalahan ejaan sama sekali,   tidak ada  salah  ketik pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai, margin sangat pas,  format  pengetikan benar
17-20
Ada beberapa kesalahan ejaan,   ada beberapa salah ketik ,  penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin  pas,  format pengetikan  tidak jelas
13-16
Mengabaikan ejaan,   banyak sekali salah ketik, penentuan jenis, ukuran huruf, dan margin semaunya sendiri,  asal ketik tanpa menggunakan format

10 -12


JUMLAH

100


7.      Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam mengikuti diskusi dan presentasi


Blangko  observasi kinerja individu dalam mengikuti diskusi kelompok

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR                         :   



ASPEK


RINCIAN

NILAI

KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



 SIKAP
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai   pendapat  lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikait   (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks
Baku


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan  disertai alas an logis  / bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri
Menggunakan referensi/rujukan /landasan teori


 PRESENTASI

Menyampaikan gagasan dengan lancer dan sistematis




Menanggapi pertanyaan dengan cepat dan tepat
Menggunakan multi media (in focus, OHP)
Menggunakan  argument, contoh, bukti, grafik, ilustrasi untuk memperjelas uraian dan jawaban

JUMLAH SKOR








Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan dengan judul Contoh RUBRIK/BLANGKO OBSERVASI PENILAIAN KINERJA SMA KELAS XII SEMESTER 1. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serbatutorial-it.blogspot.com/2012/05/contoh-rubrikblangko-observasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Buduri Buduri - Minggu, 27 Mei 2012

Belum ada komentar untuk "Contoh RUBRIK/BLANGKO OBSERVASI PENILAIAN KINERJA SMA KELAS XII SEMESTER 1"

Poskan Komentar