Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot dengan Windows (Step-by-Step)

Pada artikel sebelumnya saya sudah memberitahukan "Cara Menghapus/Uninstall Linux Ubuntu Melalui Windows". Ternyata di kolom komentar ada yang bertanya cara untuk meng-install Linux Ubuntu.

Seperti permintaan pengunjung, saya akan memberitahukan cara untuk meng-install Linux Ubuntu dual boot dengan Windows.
  1. Pertama download dulu OS Linux Ubuntu, pada tutorial ini digunakan ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang bisa Anda dapatkan di www.ubuntu.com.
  2. Setelah selesai download, burn ke CD atau masukkan ke flash disk dengan Universal USB Installer.
  3. Buat partisi baru di windows. Bisa dengan Norton Partition Magic, EASEUS Partition Manager, Minitool Partition, dll. Ukuran partisi sesuai keinginan, misalkan 20 gb.
  4. Restart komputer, masuk ke BIOS lalu jadikan flash disk/CD boot pertama (saya anggap Anda sudah menguasai tahap ini).
  5. Nah sekarang kita masuk ke Ubuntu (try it) setelah itu kita akan membuat partisi linux, minimal ada root (/), home (/home), dan swap.
  6. Masuk ke gparted cari partisi hardisk yang sudah di buat tadi (yang 20 gb itu loh), saatnya pembuatan partisi :
    Disana terdapat list disk yang ada (setiap komputer berbeda), disini saya akan gunakan /dev/sda4 yang telah saya buat sebelumnya (yang 20 gb) yang lain jangan disentuh. Hapus disk yang 20 gb klik kanan > delete > apply, sehingga disk menjadi unallocated.
    Lalu buat extended disk, di disk yang 20 gb > klik kanan new > pilih extended partition > add
    Persiapan untuk membuat partisi selesai, saatnya pindah ke pembuatan partisi : Klik ikon instal ubuntu yang ada di desktop > forward > pilih yang advanced/something else
    Nah disana berjejer disk yang ada, pilih lah yang akan kita pakai yang telah disetting di gparted sebelumnya (itu loh yang 20 gb ato /dev/sda4) awas jangan salah  - buat partisi Swap partisi swap adalah partisi sebagai cadangan memory jika sedang mengalami crash, cara membuatnya masuk ke partisi yang sudah dibuat tadi klik kanan new > extended lalu pilih hardisk > reside masukan ukurannya dua kali ram kalian jika ram 1 gb masukan 2 gb (2048 kb).
    - buat partisi Home (/home) partisi home adalah partisi seperti my document kalo di windows, cara membuatnya pilih hardisk yang kita buat tadi lalu klik kanan > reside nah masukan sekitar 5 gb (5120 kb), next sampai finish jadi ada 
    - buat partisi Root (/) partisi root  seperti system c kalo di windows (menurut saya he he he) nah untuk partisi ini kita gunakan sisa memory tadi.
    Nah jika ketiga partisi tersebut sudah lengkap kita buat lalu klik instal now.
    Tunggu proses instalasi selesai sambil melihat presentasi.
NB :
- Ukuran partisi bebas, terserah Anda.
- Jika ada yang salah mohon dikoreksi.
- Terdapat banyak cara untuk menginstal dualboot, ini adalah salah satu cara yang menurut saya mudah.
- Bisa digunakan untuk kebanyakan ubuntu karena dasarnya sama.
- Tidak akan mengurangi peforma komputer karena dipakai terpisah.
- Resiko tanggung sendiri.

referensi: http://www.bloghabibi.com/2011/06/cara-instal-ubuntu-dual-boot-dengan.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Ubuntu dengan judul Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot dengan Windows (Step-by-Step). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://serbatutorial-it.blogspot.com/2012/06/cara-install-linux-ubuntu-dual-boot.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Buduri Buduri - Jumat, 01 Juni 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot dengan Windows (Step-by-Step)"

Poskan Komentar